SHERINA – GEREGETAN (Giant Step Cover)

Sekitar tahun 2009 di acara musik salah satu stasiun televisi swasta lagu ini ditayangkan sebagai single Sherina yang entah dari album yang mana. Saya tidak terlalu mengikuti musik televisi, khusus untuk Sherina sendiri, saya lebih sering mendengarkan album debut sherina ketika kecil, Andai Aku Besar Nanti, OST. Petualangan Sherina (Jauh Lebih Dekat) dan lagu Cinta Pertama Dan Terakhirku.

Selama itu juga yang saya tahu tentang lagu ini adalah lagu asli Sherina yang mungkin dia sendiri yang menciptakannya, karena dengan musikalitas yang mumpuni darinya tak mustahil dia bisa menciptakan lagu tersebut.

Sampai di tahun berikutnya saya mulai menelusuri Giant Step, band Progressive-Rock legendaris Indonesia yang berasal dari Bandung. Sebelumnya saya sama sekali tidak tahu tentang band ini, seperti kasus Guruh Gipsy yang saya kenal band tersebut dari sedikit adegan yang termuat di film Garasi, perkenalan saya dengan Giant Step-pun hanya sebatas tahu nama saja, ketika saya sering surfing membaca artikel-artikel yang bertaburan di internet. Karena untuk orang awam sejarah rock Indonesia, cenderung God Bless lah yang dikenal publik.

10647023_4621773517598_1049252630597966074_nTernyata lagu Geregetan ini adalah lagu Giant Step yang berada di album yang berjudul sama, dirilis oleh JK Records pada tahun 1985. Denny Sakrie, salah satu jurnalis musik senior menuliskan kalau bergabungnya Giant Step dengan JK Records menimbulkan keheranan tersendiri. Giant Step yang dikenal idealis di ranah Progressive-Rock Indonesia seolah berkompromi terhadap pasar dengan bergabung bersama JK Record yang cenderung banyak merilis album-album penyanyi wanita yang manis mendayu seperti Dian Pisesha, Meriam Bellina dll. Bahkan album ini juga diberi judul Geregetan, sangat berbeda dengan album-album Giant Step awal.

Sedikit informasi, Giant Step adalah band bentukan Benny Soebardja setelah band terdahulunya The Peels dan Sharkmove bubar. Giant Step di anggap sebagai salah satu pelopor Progressive-Rock Indonesia. Bahkan oleh salah satu majalah internasional yang entah saya lupa nama majalahnya, Benny Soebardja dinobatkan sebagai The Godfather of Indonesian Prog-Rock. Salah satu yang patut di teladani dari Giant Step adalah ideologi mereka yang hanya ingin memainkan lagu-lagu sendiri, di tengah-tengah grup band rock Indonesia lainnya yang berlomba-lomba untuk mengcover band-band barat semirip mungkin.

GEREGETAN

Cipt. Triawan Munaf

 Kulihat lagi wajahnya, Kulirik lagi dia

Semakin kupandang wajahnya, Semakin rupawan

 Wajahnya memancarkan cinta

Senyumnya manja nan menggoda

Gayanya wajar mempesona

Siapa dia hey hey …

 Geregetan, jadinya geregetan

Apa yang harus kulakukan

Geregetan, duh aku geregetan

Mungkinkah aku jatuh cinta

 Kucoba kusapa dirinya

Kutanya siapa namanya

Hay dara! kudengar desah suaranya

Oh lengkaplah sudah …

Album Geregetan ini masih cenderung bisa di dapatkan di toko-toko kaset bekas, berbeda dengan album-album Giant Step yang lainnya yang sudah susah di dapatkan, khususnya 2 album pertama mereka, Mark I dan Giant On The Move. Kalaupun ada mungkin harganya sudah selangit.

Formasi Giant Step di album ini adalahh Benny Soebardja, Albert Warnerin, Jelly Tobing, Erwin Badudu dan Triawan Munaf yang tak lain adalah ayah kandung dari Sherina. Maka tak heran jika 24 tahun semenjak album ini di lempar ke pasar, anaknya membawakan kembali lagu ciptaan sang ayah. Tak sepenuhnya lagu-lagu di album ini manis seperti Geregetan, karena Giant Step masih menyuguhkan Progressive-Rock yang enerjik di lagu-lagu berikutnya. Kebanyakan yang bertanggung jawab terhadap pembuatan lagu-lagu di album ini adalah Triawan Munaf, Erwin Badudu dan Albert Warnerin, entah kenapa sang frontman Benny Soebardja tak menulis satu lagupun di album ini. Semua lagu di album ini berbahasa Indomesia. Lagu lain yang saya suka di album ini adalah Reuni, Kosmetika dan Manusia Modern.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s