Mas Endang, Terima Kasih

 

Akhir 2007, diadakan upacara setengah tiang untuk mengenang kakak kelas yang meninggal di Jepang sana ketika sedang bekerja di kapal. Hal yang lumrah diadakan di sekolah saya, SMK N 1 Mundu Cirebon.

Setelah pulang mudik dari kampung, minggu siang selalu menjadi waktu yang asyik untuk kembali ke asrama. Sore itu, setibanya di pos jaga sekolah, pemandangan pos jaga sekolah yang terlihat dari gerbang sekolah tampak beda, ada banyak pamflet yang ditempel. Semua pamflet isinya sama, tentang sebuah film dokumenter yang menceritakan kisah nyata seorang bocah Indonesia yang meninggal karena menolong siswa SMP Jepang di pantai. Sebagai penghormatan maka dibuatlah film dokumenter tersebut dengan judul, “マス・エンダン”, sesuai nama kakak kelas saya tersebut Endang Arifin.

Beberapa hari kemudian, di sela pesantren kilat, diputarlah film tersebut di sekolah. Sayang saya tidak menonton, karena ketika itu saya dan kawan lainnya malah kabur ke asrama.

Saat upacara juga lah, testimoni tentang almarhum diceritakan oleh guru yang mengenalnya, kebetulan karena almarhum juga aktif di salah satu organisasi kesiswaan ; Pasustar.

Barusan, saya baca buku ‘Dialog Peradaban : Gus Dur & Daisaku Ikeda’, sedikit kisah Mas Endang ini diceritakan. Langsung saja saya teringat ke akhir 2007 tersebut. Almarhum kakak kelas saya yang tak pernah saya temui dibicarakan dunia dan 2 tokoh besar.

Pelajaran yang diwariskan almarhum adalah bahwasannya dalam berbuat baik tidak perlu memandang suku, ras, dan agama. Terlebih lagi jika mengetahui bahwa almarhum tidak pandai berenang, dengan niatnya menolong orang lain sampai mengorbankan nyawanya sendiri adalah hal yang patut diteladani, Kontras dengan keadaan Indonesia sekarang, atas alasan perbedaan suku, ras, dan agama, orang-orang saling menghakimi.

Espirit D’ Corps PL.

Leave a Reply

