Yoshiko Sai – Hatachi ni Nareba (好子佐井 – 二十歳に成れば / 1975)

Akhir-akhir ini kembali mencari referensi musik Jepang dari Youtube, selain mencari referensi lewat streaming di situs jetsetrecords.com. Karena selalu mendapat hasil nihil ketika mencoba searching musik yang mendekati warna musik Shugo Tokumaru, saya kembali ke tabiat lama untuk selalu menggali musik baheula, dengan penegasan Folk – musik yang belakangan sering saya dengar, munculah ide untuk sebuah keyword ; Japanese Folk Song.

Setelah mendapat hasil dari penelusuran, ternyata jauh dari ekspektasi, karena hasilnya hanya mendapati musik-musik tradisional Jepang dan lebih cenderung ke Instrumental. Sedikit menambahkan kata pada keyword yang sudah ada – dengan menambahkan kata Psychadelic antara kata Japanese dan Folk.

Banyak hasil yang terfilter, tapi dari beberapa video yang coba saya dengar – yang rata-rata lagu tersebut dirilis era 60-an dan 70-an, sampailah saya dibawakannya ke sebuah tautan video dari sebuah lagu yang berjudul Akai Hana dari Yoshiko Sai (1975). “Yang kaya gini nih!” anggukan saya terhadap lagu tersebut, lebih jauh lagi saya telusuri Yoshiko-San ini, sampai akhirnya bisa mendengarkan lagu yang menjadi postingan ini.

Hatachi ni Nareba, judul yang menarik perhatian saya, disamping salah satu foto – yang tampaknya artwork untuk single tersebut, juga menarik perhatian, dimana Yoshiko-San sedang menggendong seekor kucing.

Setelah didengar seksama, ada penggalan lirik yang juga menarik buat saya …

“二十歳に成れば、タバコをやめて、結婚しよう” – Hatachi ni nareba, tabako wo yamete, kekkon shiyou, yang mungkin artinya kurang lebih “Kalau sudah berusia 20 tahun, berhenti merokok, dan mari menikah”. Unik!

Belum tahu lebih jauh dari penyanyi kelahiran Nara, 22 Juni 1953 ini. Coba dengar saja lagu ini terlebih dahulu.

Leave a Reply

